TUGAS BAHASA INDONESIA AUTOBIOGRAFI by Nia


Semoga Bermanfaat! 


Autobiografi
NIA APRILIA

  • Latar Belakang Keluarga :
Saya memiliki nama lengkap Nia Aprilia, dan biasa dipanggil Nia. Saya lahir pada tanggal 22 April 1995, di Kotagajah, Lampung tengah. Saya dibesarkan di tengah-tengah keluarga sederhana bersama dengan kedua adik laki-laki saya, yaitu Riko Cahyanto yang berjarak 2 tahun dari saya dan Rivaldo Dewantoro yang berjarak 8 tahun dari saya. Kedua orangtua saya sama-sama berprofesi sebagai pedagang. Ayah saya Edi Sucipto adalah seorang pedagang grosir sepatu serta makelar mobil, dan Ibu saya Murtini adalah seorang pedagang pakaian di pasar.
Sejak kecil saya dibesarkan kedua orangtua di wilayah kotagajah. Kata orang tua saya, ketika baru lahir hingga berusia 3 tahun, saya tinggal di wilayah pasar Kotagajah. Kemudian pada usia 3 tahun tersebut, saya sudah dapat mengingat kenangan masa kecil saya, yaitu keluarga saya pindah kediaman di wilayah Kampung Baru, yang masih dalam wilayah kotagajah. Namun pada usia 8 tahun, keluarga saya pindah kediaman kembali, di wilayah Sri Rahayu 1 Kotagajah, dan hingga sekarang rumah ini menjadi tempat yang saya dan keluarga tinggali.
Jenjang pendidikan saya dimulai ketika usia saya sudah 4 tahun, Dimana saya mulai menduduki Taman Kanak-Kanak . Sekolah yang orangtua saya pilih pun tidak jauh dari rumah, hanya berjarak 900 meter di TK Aisyiyah Bustanul Alam. Setelah lulus Taman Kanak-Kanak, saya menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu bersekolah di SD Negeri  03 Kotagajah, yang letaknya lebih dekat 300 meter daripada sekolah lama saya. Setelah menempuh bangku Sekolah Dasar, saya menempatkan pilihan sendiri untuk bersekolah di SMP Negeri 2 Kotagajah. Walaupun banyak tawaran dari saudara dan kerabat dekat mengenai SMP di luar kota yang berkualitas, namun saya memilih sekolah ini, karena sekolah ini sangat dekat dengan rumah saya yang saat itu di wilayah Sri Rahayu 1 Kotagajah. Setelah melalui suka duka masa SMP, saya pun melanjutkan pendidikan pada Sekolah Menengah Atas. Dan saya kembali mendapatkan tawaran tentang sekolah di luar kota, namun saya pun kembali menolak dan memutuskan pilihan sendiri. Tidak memerlukan pemikiran yang terlalu berat untuk itu, karena saya yakin saya memilih SMA Negeri  1 Kotagajah. Dan sekarang saya masih duduk di bangku kelas XI IPA 6.
Prestasi akademik yang saya raih dijenjang pendidikan mengalami pasang surut. Disaat Taman Kanak-Kanak saya sering mendapat nilai yang cukup baik, akan tetapi pada Taman Kanak-Kanak belum ada penilaian berdasarkan peringkat. Setelah memasuki Sekolah Dasar, saya mulai mengenal penilaian berdasarkan peringkat. Selama 3 tahun pertama saya mendapat peringkat 4. Dan untuk 3 tahun selanjutnya, sistem pembelajaran berganti dari catur wulan menjadi semester, dan dari situlah penilaian peringkat pun berubah yang diumumkan hanya 3 besar saja, sehingga saya tidak tahu peringkat yang telah saya raih. 




Namun pada ujian akhir di Sekolah Dasar, saya meraih peringkat ke-3 dari seluruh siswa. Lalu pada jenjang SMP, nilai saya cukup baik walaupun bukan yang terbaik, dan saya selalu mendapatkan 10 besar peringkat kelas. Lulus dari SMP, saya melanjutkan pendidikan ke SMA melalui jalur khusus atau yang sering disebut jalur SUPA. Ketika saya membaca pengumuman secara online, saya sangat bersyukur karena dapat diterima di sekolah yang saya inginkan. Dan hingga sekarang, saya masih mendapatkan nilai yang cukup baik, seperti halnya ketika SMP.
Ketika saya mulai duduk di Taman Kanak-Kanak, saya sangat gemar membaca majalah anak-anak seperti majalah bobo, majalah favorite dan lain-lain. Dari sanalah saya menemukan berbagai macam gambar yang dapat diwarnai dengan animasi kartun yang sangat disukai oleh anak-anak. Dari kegemaran yang sering saya lakukan, saya beberapa kali di ujikan dengan mengikuti perlombaan mewarnai di Kecamatan, Kabupaten, bahkan pada tingkat Nasional. Walupun sering gagal dalam perlombaan, saya tidak lekas putus asa, karena dari sanalah saya bangkit. Dan ketika saya memasuki usia 5 tahun, saya mengikuti lomba mewarnai tingkat nasional di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Dari sekian banyak perlombaan yang saya ikuti, ternyata membuahkan hasil, saya mendapatkan juara favorite tingkat nasional untuk cabang mewarnai.
Selain pada bidang mewarnai yang saya sertai dalam perlombaan di masa kanak-kanak, saya pun mengikuti perlombaan Ajang Busana Muslim Taman Kanak-Kanak pada tingkat kecamatan. Pada bidang ini pun saya tidak selalu menang, akan tetapi saya selalu berusaha dan pantang menyerah, sehingga ketika lomba pada tingkat kecamatan saya mendapat juara 3 dicabang peragaan busana muslim.
Ketika usia saya memasuki remaja, saya berulangkali mengikuti ajang pencarian bakat pada berbagai Production House. Ketika berusia 11 tahun untuk pertama kalinya saya mengikuti ajang pencarian bakat yang dinaungi oleh Sevent Production House, dan meraih juara The Best Of Acting. Selain itu di tahun 2007, saya kembali mengikuti ajang pencarian bakat bersama dengan Ratu Pelangi Production dan mendapat 10 besar modeling. Saya pun pernah meraih juara IV Top Calon Bintang 2008 di Guest House Bandar Lampung, yang dinaungi oleh Ranjes Film Production. Pada tahun 2009, saya mengikuti audisi kembali, dan meraih 16 besar Modeling pada Jonny Production, dan masih banyak lagi pengalaman yang saya lakukan.
Nama : Nia Aprilia
Kelas : XI A 6


lihat juga autobiografi iriani putri
lihat juga auto biografi disty aulia

Lihat Juga lainnya cek Daftar Ini selengkapnya




Kata kunci : contoh autobiografi, autobiografi singkat, autobiografi baik dan benar, autobiografi lengkap, autobiografi penulis, autobiografi terkini, tugas bahasa indonesia, referensi autobiografi, biografi

Comments

  1. salut dengan perjuanganmu..
    Smile :) you... Don't cry :'(

    ReplyDelete
  2. Hahaa iyaa makasih udah mampir :')

    ReplyDelete
  3. Hahaa iyaa makasih udah mampir :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq kagum dengan riwayat hidup km, n km mengingatkan aq pada seseorang yang pernah aq cintai. tapi sayangnya orang itu sdah tdak ada lgi. tpi setelah aq buka blok km, km koq kyak seseorng tu ya?? dari tanggal lahirnya, wajah.a n perjalannan hidupnya sama persis.
      aq harap km mau jadi tmen aq. klo tdak kberatan aq minta no atau aplah yang bisa aq pakai bawat hubungin km.!!!

      Delete
    2. dasar jones !

      Delete
    3. salut banget dengan riwayat hidup kakak (y)

      Delete
    4. salut banget dengan riwayat hidup kakak (y)

      Delete
  4. Endang Haha, itu autobiografi penulisnya ya??
    Aku suka tulisanmu, semoga cita - citamu bisa tercapai.

    ini untuk referensi tambahan gan Pengertian Biografi

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan, ini maklumlah aku(penulis) buat waktu masih SMA, jadul banget :)makasih banget ya udah mampir.

      Delete

Post a Comment